KAMPOENG SENI SMALA


Pameran merupakan suatu kegiatan yang penyajian karya seni rupa dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh warga sekolah. Pameran kali ini juga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada warga sekolah. Diharapkan  dapat terjadi komunikasi antaran perupa yang diwakili oleh masing masing karya seninya dengan berbagai apresiasi. Penyelenggaraan pameran yang terdapat disekolah menyajikan sebuah materi pameran yang berisi hasil belajar siswa dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler atau menyajikan karya seni dan diapresiasi oleh warga sekolah.

 

 

 

1. Tujuan dari Pameran Seni

Pameran seni adalah suatu kegiatan yang penting dalam bidang seni rupa terutama bagi siswa. Dengan mengunjungi sebuah pameran kesenian tentunya akan menambah pengetahuan siswa, serta dapat mempertajam imaginasi dan juga intuisi. Melalui pameran ini, seorang siswa dapat memperkenalkan sebuah karya-karya barunya kepada masyarakat luas baik di lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat umum. Kegiatan pameran seni yang ada di pada akhir semester, akhir tahun ajaran sebagai bentuk ujian Praktek kelas XII . Penyelenggaraan pameran yang ada di sekolah memiliki beberapa tujuan. Tujuan tersebut diantaranya adalah tujuan komersial, tujuan sosial dan kemanusiaan, dan tujuan yang berkaitan pada pendidikan.

 

Tujuan Sosial

Tujuan sosial memiliki arti yaitu kegiatan pameran seni rupa baik dalam skala besar maupun dalam skala yang terbatas di sekolah tersebut. Karya seni yang dipamerkan dapat digunakan untuk kepentingan sosial.

 

Tujuan Komersial

Tujuan komersial pameran ini berkaitan dengan adanya kegiatan yang dapat menghasilkan profit atau keuntungan terutama bagi seniman dan juga penyelenggara-penyelenggara pameran.  Berkaitan dengan tujuan komersial, sebuah kegiatan pameran akan diselenggarakan dengan tujuan agar karya yang dipamerkan akan laku terjual dan akan mendatangkan keuntungan bagi si pemilik karya atau bagi si penyelenggara pameran.

Tujuan Kemanusiaan

Berbeda dengan tujuan kemanusiaan kegiatan pameran. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk kepentingan pembinaan nilai-nilai, pelestarian, dan pengembangan sebuah hasil dari karya seni yang dimiliki oleh masyarakat.  Apabila pameran bertujuan untuk sosial kemanusiaan, maka dana dari hasil penjualan karya akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti sumbang ke panti asuhan, ataupun masyarakat kurang mampu serta korban bencana alam.

 

Tujuan utama

 

Dalam konteks pembelajaran dan pendidikan seni rupa di sekolah, tujuan utama dari pameran di sekolah yaitu untuk mendapatkan sebuah apresiasi dan tanggapan dari para pengunjung dalam rangka meningkatkan kualitas berkarya lainnya serta untuk meningkatkan wawasan tentang kesenirupaan.

Add comment


Security code
Refresh