Manajemen Mutu

Perhatian, buka di jendela baru. PDFCetakE-mail

Paradigma baru dalam manajemen pendidikan Sekolah Menengah Atas menekankan pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan pada akuntabilitas, evaluasi, dan akreditasi serta bermuara pada tujuan akhir peningkatan kualitas secara berkesinambungan. Dipihak lain, kecenderungan globalisasi, kebutuhan masyarakat dan tuntutan persaingan semakin ketat menuntut komitmen yang tinggi pada penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Pemahaman tersebut menegaskan perlunya Sekolah Menengah Atas  melaksanakan suatu manajemen mutu terpadu, termasuk di dalamnya Sistem Manajemen Mutu Pendidikan yang menjamin agar mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas dapat dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan yang direncanakan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka SMA Negeri 5 Madiun  mempunyai suatu komitmen dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) ISO 9001:2008 dalam operasional pelayanan pendidikan secara konsisten dan berkesinambungan serta fokus kepada pelanggan.

Dalam memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan maka SMA Negeri 5 Madiun  juga berkomitmen untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang ada dalam organisasi agar menghasilkan tenaga – tenaga yang terampil dan kompeten untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan.

Penggunaan lainnya adalah untuk memperagakan kepada semua pihak yang berkepentingan dan menginformasikan kepada mereka bahwa SMA Negeri 5 Madiun  telah melakukan penerapan pengendalian untuk memberikan jaminan mutu kepada pelanggan.

Pada tanggal 30 Agustus 2012 di SMA Negeri 5 Madiun kembali diadakan audit eksternal dalam rangka audit survaillance visit 3. Sebelum audit eksternal, telah dilangsungkan pelatihan auditor untuk audit internal pada 7 Agustus 2012 dan pelaksanaan audit internal pada 10 Agustus 2012 pada unit kerja Akademik, Kesiswaan, Sarana Prasarana, Hubungan Masyarakat, Bimbingan dan Konseling, Laboratorium, Perpustakaan dan Administrasi.